Selasa, 03 Mei 2016

Jenis-jenis Surat Bisnis

Surat Bisnis
Surat bisnis adalah surat-surat yang paling sering digunakan oleh orang-orang yang pekerjaannya bergelut di bidang bisnis pardagangan, perusahaan atau perorangan sebagai pengusaha dan lain-lain. Dengan kata lain surat bisnis adalah surat yang paling luas ruang lingkupnya ketimbang surat pribadi.

Jenis-jenis Surat Bisnis
  1. surat penagihan
Surat Penagihan adalah surat peringatan secara tertulis agar yang bersangkutan memenuhi janji/membayar hutangnya. contoh surat penagihan 


2. Surat Pengaduan

Surat pengaduan adalah surat yang dikirim dari pembeli/penerima barang kepad penjual yang berisi pernyataan pengiriman/penerimaan barang yang tidak sesuai dengan pesanan disertai dengan tuntunan penyelesainnya. Contoh surat pengaduan


3.   3. Surat Penangguhan Pembayaran

Surat Penangguhan Pembayaran adalah surat yang dibuat oleh pembeli yang isinya memohon penangguhan pembayaran karena belum dapat menepati persetujuan yang telah ditentukan. Berikut contoh surat.
CV. Grobakz Seo Team
Jl. Selalu Maju Gak Ada Mundurnya
Purwokerto
=================================
Nomor : 45/IM/IV/2015 25 Nopember 2013
Hal : Penangguhan Pembayaran
Kepada
PT Devloper Sofware
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2015 tertanggal 20 Mei 2015 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.
Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2015 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.
Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
CV Grobakz Seo Team
Al-Ghazazi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar